Apa Saja Sih Langkah-langkah Dalam Pemasangan Atap Baja Ringan? Simak Penjelasan Berikut Ini!

Bagi anda yang seringkali bertanya kenapa sih atap baja ringan seringkali dikatakan mudah rusak dan roboh? Apa atap baja ringan tidak cocok digunakan untuk membangun rumah karena seringkali ada atap baja rumah yang roboh saat terkena angin? Jawabannya adalah tidak, atap baja ringan sebenarnya sangat kokoh dan kuat menahan beban yang sangat berat. Meskipun ringan namun benda ini jika digunakan dengan baik dan benar akan berfungsi sebagaimana atap lain yang kuat dan kokoh. Penyebab sering terjadinya atap baja ringan yang mudah tertiup angin atau roboh ketika ada guncangan gempa adalah cara pemasangan atap baja ringan yang asal-asalan tanpa memenuhi standar pemasangan yang baik dan benar.

www.renovatap.com

Jadi sangat salah jika atap baja ringan adalah bahan bangunan yang memiliki kualitas jelek. Justru atap baja ringan saat ini sedang populer dan menjadi pilihan utama untuk membangun rumah-rumah dengan model dan desain minimalis modern. Nah, agar dalam penggunaannya tidak gampang roboh, berikut ini langkah-langkah dalam pemasangan atap baja ringan  agar selalu kuat dan kokoh :

  1. Langkah pertama adalah persiapan kerja, dalam persiapan kerja ini anda membutuhkan gambar rencana atap dan peletakkan kuda-kuda agar bisa menyelesaikan pemasangan atap baja ringan & biaya pemasangan atap baja ringan sesuai dengan bentuk yang diinginkan.
  2. Langkah kedua adalah tahap leveling dan marking, dalam langkah ini pastikan agar seluruh permukaan atas ring balok dalam keadaan rata. Kemudian pastikan juga seluruh rangkaian ring balok telah mengikat seluruh bagian bangunan dengan benar.
  3. Langkah ketiga adalah tahap pengangkatan dan pemasangan kuda-kuda. Dalam mengangkat kuda-kuda anda perlu berhati-hati agar tidak berakibat kerusakan pada rangkaian atap baja ringan yang telah dirakit sebelumnya. Kemudian pastikan agar posisi kanan dan kiri dari kuda-kuda tidak terbalik karena sisi-sisi ini akan berfungsi sebagai acuan posisi oleh para pekerja. Setelah selesai dipasang maka anda perlu mengecek kembali apakah semuanya sudah sesuai, jika sudah maka tahap selanjutnya adalah memasang balok nok, bracing, reng (roof battens), outrigger, dan celillin battens.
  4. Langkah terakhir adalah pemasangan penutup atap. Setelah rangka atap baja ringan sudah dipasang dan sesuai dengan prosedur keamanan dan standar maka anda sudah bisa menutup rangka atap baja ringan menggunakan penutup atau genteng yang telah anda pilih untuk mempercantik bangunan rumah anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *