);

Bisnis Pengetahuan

Cara Kerja E-Money Perlu Untuk di Ketahui

Asian woman shop assistant with shoe boxes at store Premium Photo

Penggunaan e-Money ini tidak membutuhkan adanya proses otorisasi laksana halnya pemakaian pin atau tanda tangan, sebab e-Money tidak sehubungan langsung dengan tabungan nasabah yang terdapat di bank. Penggunaan dari e-Money tidak membebankan pembayarannya pada tabungan bank, laksana halnya kartu kredit atau kartu debit. Sebagaimana prepaid yang lain, kita juga dapat melakukan topup e-money untuk kartu kita tersebut.

Nasabah yang mempunyai E-Money dalam pecahan tertentu, andaikan Rp100 ribu (maksimal Rp1 juta) terlebih dahulu mengikutsertakan E-Money pada counter penerbit duit elektronik guna aktivasi. Selanjutnya nilai duit reload (diisi dan direkam) pada media elektronik andaikan kartu yang dikeluarkan oleh bank, handphone, atau kartu prabayar.

Gerai ritel (merchant) yang diberi otorisasi sebagai tempat melakukan pembelian barang akan mendebet sebanyak nilai cocok transaksi. Setiap terjadi mutasi transaksi, komputer merchant yang terhubung ke jaringan penerbit E-Money akan mengerjakan semacam perhitungan kliring. Sebagaimana kartu prabayar, pemakai pun dapat meningkatkan atau memenuhi ulang (top up) duit elektronik tersebut. Pemakaian e-Money tak membutuhkan proses otorisasi dan tidak berhubungan langsung dengan tabungan nasabah di bank. Sehingga pembayaran yang dilaksanakan melalui e-Money tidak dibebankan untuk rekening nasabah di bank.

Jenis E-Money
Adapaun E-Money dipisahkan menjadi dua buah, sebagai berikut pengertian E-Money menurut jenisnya yaitu:

Prepaid Software
Prepaid software tidak jarang pula dinamakan dengan digital cash, adalahE-Money yang nilainya tersimpan dalam hard disk didalam suatu PC. Bagi pemindahan uangnya melalui jaringan internet.

Prepaid Card
Prepaid card tidak jarang pula dinamakan sebagai elektronic purches, adalah E-Money yang nilainya ditabung dalam suatu chip yang ditanamkan pada suatu kartu. Contoh dari prepaid card yakni FLAZZ BCA, Mandiri E-Money, Brizzi dan BNI Prepaid.

Flazz BCA merupakan misal kesatu kartu prepaid dari pemakaian E-Money. Bank BCA merupakan bank yang paling mula memanfaatkan kecanggihan teknologi E-Money dengan mengeluarkan prepaid card berteknologi canggih. Anda dapat menggunakan kartu ini di sekian banyak merchant yang berkerjasama dengan pihak Bank BCA. Sedangkan Mandiri E-Money adalahprepaid card yang diterbitkan Bank Mandiri, Brizzi diterbitkan oleh bank BRI dan BNI Prepaid diterbitkan oleh Bank BNI. Selain sejumlah bank di atas ada pun lembaga non perbankan yang ikut mengeluarkan prepaid card, contohnya saja Telkomsel.

Penggunaan E-Money ini tidak membutuhkan adanya proses otorisasi laksana halnya pemakaian pin atau tanda tangan, sebab E-Money tidak sehubungan langsung dengan tabungan nasabah yang terdapat di bank. Penggunaan dari E-Money tidak membebankan pembayarannya pada tabungan bank, laksana halnya kartu kredit atau kartu debit. Sebagaimana prepaid yang lain, kamu juga dapat melakukan top up guna kartu kamu tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *