Cara Menghitung Rumus Standar Deviasi (Simpangan Baku)

Apabila anda membutuhkan informasi untuk mengetahui cara menghitung rumus simpangan baku maka silahkan lihat di portal ini rumus.co.id atau simak penjelasan berikut ini sampai selesai. Standar deviasi atau simpangan baku adalah ukuran sebuah variasi yang biasanya digunakan untuk semua orang. Hal ini merupakan simpangan baku dari akar kuadrat varian yang sudah biasa digunakan. Hal inilah yang menyebabkan ketika salah satu nilai dari kedua ukuran ini diketahui maka nilai lainnya dapat diketahui.

rumus.co.id

Proses perhitungan simpangan baku dan variasi ini ditujukan untuk mengetahui hasil variasi sebuah kelompok data. Jadi untuk mengetahui variasi kelompok suatu data maka dapat dilakukan pengurangan nilai data dan rata-rata kelompok data. Kemudian semua hasil pengurangan itu dijumlahkan untuk mengetahui nilainya. Namun cara tersebut tidak bisa digunakan karena hasilnya selalu nol.

Agar data tersebut hasilnya tidak menjadi nol maka anda harus kuadratkan pada setiap pengurangan pada nilai data dan rata-rata kelompok. Kemudian anda lakukan penjumlahan, sehingga hasil penjumlahan kuadrat itu akan menghasilkan nilai positif.

Nilai varian akan anda dapatkan dari pembagian hasil penjumlahan kuadrat dengan ukuran data (n). Walau demikian apabila diterapkan maka nilai variannya akan membias untuk menduga populasi.  Sehingga dengan anda menggunakan rumus simpangan baku tersebut maka nilai variasi sebuah populasi bisa lebih besar dari varian sampel.

Untuk mengatasi agar tidak bias ketika akan menduga varian populasi n untuk membagi penjumlahan kuadrat maka harus ganti dengan n-1. Maka nilai varian sampel dapat mendekati varian populasi. Sehingga anda dapat menggunakan rumus varian sampel seperti ini :

Jadi nilai varian yang dihasilkan merupakan hasil dari bentuk kuadrat. Seperti contohnya nilai satuan rata-rata ini menggunakan gram, dengan banyaknya nilai varian tersebut gram kuadrat. Demi mendapatkan nilai satuan maka nilai varian bisa dikuadratkan agar bisa mendapatkan hasil standar deviasi atau simpangan baku. Anda pun bisa menggunakan rumus :

Demi memudahkan perhitungan maka anda bisa menurunkan rumusnya menjadi :

Rumus varian :

Rumus simpangan baku :

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai rumus simpangan baku. Semoga penjelasan ini bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang perhitungan statistik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *