);

Uncategorized

Manfaat Menjadi Jasa Audit Eksternal Bagi Seorang Akuntan

Jasa audit sudah sejak dahulu disegani. Terutama jasa audit eksternal yang merupakan lembaga bersesertifikat. Memang ada dua jenis auditor di dunia akuntansi, yaitu auditor internal dan auditor eksternal. Para auditor yang bekerja di Kantor Akuntan Publik (KAP) bersertifikasi dinamakan sebagai auditor eksternal.

https://auditakuntansi.com/

Jasa audit sangat diperlukan di dunia perekonomian. Para auditor eksternal biasanya berkeliling dari perusahaan satu ke perusahaan lain untuk melakukan pengecekan validitas laporan keuangan.

Lalu apa saja sebenarnya keuntungan menjadi seorang auditor eksternal bagi seorang akuntan?

Keuntungan Menjadi Auditor Eksternal Bagi Akuntan

Meng-audit laporan keunagan lebih dari satu perusahaan adalah hal yang cukup memusingkan. Tidak jarang dari auditor eksternal yang pulang larut malam hanya karena harus melakukan validasi terhadap banyak sekali laporan keuangan.

Bagi para akuntan, jangan ragu untuk mengambil profesi sebagai auditor eksternal. Karena kalian akan mendapatkan berbagai keuntungan sebagai berikut :

  1. Dapat menambah relasi

Seorang auditor eksternal adalah anggota akuntan yang bekerja di sebuah kantor akuntan bersertifikasi. Para perusahaan biasanya menyewa jasa auditor eksternal untuk melakukan validasi laporan keuangan mereka.

Nah, jika kalian bekerja sebagai auditor eksternal, kalian tidak akan hanya terpaku pada satu perusahaan. Akan ada banyak orang baru yang kalian hadapi. Tentu saja kalian bisa menambah relasi dari bidang ini.

  1. Dianggap lebih istimewa daripada jasa auditor internal

Para akuntan yang memiliki pengalaman bekerja di KAP biasanya dianggap lebih istimewa. Hal ini dikarenakan mereka telah terbiasa menghadapi berbagai persoalan mengenai perusahaan yang lebih beragam. Jadi, auditor eksternal jika ingin mendaftar di sebuah perusahaan biasanya akan bisa menegosiasikan bayaran dengan lebih leluasa.

  1. Mampu mencari pengalaman lebih banyak

Dibandingkan dengan jasa audit internal, auditor eksternal lebih bisa mencari pengalaman lebih. Hal ini berkaitan dengan keragaman bidang perusahaan yang biasanya mereka hadapi. Mereka akan lebih terbiasa menghadapi persoalan yang beragam dalam tekanan waktu yang singkat.

Nah, bagi kalian para calon akuntan, jangan ragu untuk mendaftar jadi auditor eksternal. Karena kalian akan menghadapi diversifkasi tanggungjawab yang lebih tinggi daripada auditor internal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *