);

Bisnis

Perusahaan Corrugated Carton Box

Surindo Teguh Gemilang (PT.STG) merupakanperusahaan yang memproses corrugated carton box(kardus). Setiap type carton box yang diproduksi memilikitipe flute (gelombang) dan kombinasi wall yang berbeda.Spesifikasi dan kuantitas carton box yang diproduksi olehPT.STG menyesuaikan bersama dengan keinginan pelanggan (joborder). Bahan baku utama pembuatan corrugated cartonbox adalah kertas gelondongan bersama dengan dua type kertas yangberbeda yakni kertas kraft dan kertas medium.Proses memproses sebuah carton box di awali dariproses corrugating.

www.dinastindopratama.com

Proses corrugating adalah prosespenggabungan lembar kertas kraft bagian atas (top liner),kertas gelombang (kertas medium) dan kertas kraft bagianbawah (bottom liner) bersama dengan gunakan lem. Output dari proses corrugating adalah corrugated sheet. Setelah melaluiproses corrugating, corrugated sheet segera dibawa kemesin flexo untuk proses konverting. Proses konvertingmencakup proses printing, pembentukan creasing danpemotongan cocok bersama dengan keinginan konsumen. Setelahmelalui proses konverting dikerjakan penyambungan tepitepi sheet atau proses joint. Proses joint mampu dilakukan dengan dua macam cara yakni pengeleman atau stitching. 2 Carton box yang sudah lewat proses joint langsungdibawa ke mesin strapping untuk di ikat.

Carton box yang sudah di kuncir mampu segera dikirim ke pembeli ataudiletakkan digudang.Masalah yang kerap terjadi adalah output yang dihasilkan proses corrugating tidak cocok dengan spesifikasi yang sudah ditentukan (cacat). Parameter yang digunakan untuk sadar cacat tidaknya corrugated sheet adalah nilai bursting strength. Jika nilai bursting strength sebuah corrugated sheet tidak cukup dari 13,0 kgf/𝑐𝑚2maka diakui tidak cocok bersama dengan spesifikasi atau cacat. Semakin tinggi nilai bursting strength maka kualitas sheet yang dihasilkan akan makin lama baik. Beberapa faktor yang pengaruhi nilai bursting strength sebuah sheet adalah kecepatan mesin, suhu mesin dan pressure mesin yang merupakan parameter setting mesin corrugator. Saat ini PT.STG tetap belum membawa standar setting yang pasti untuk mesin corrugator. PT.STG menggunakan setting secara acak pada 150 m/menit – 190 m/menit untuk kecepatan mesin dan 140°C-180°C untuk suhu mesin. Untuk pressure mesin, PT.STG sudah membawa setting tetap yaitu 10 kgf/cm2.

Response Surface Methodology (RSM) mampu mengidentifikasi titik-titik di luar area percobaan (model orde I) dan memilih titik dari tanggapan maksimum dengan metode steepest ascent serta mampu menyebutkan interaksi 3 variabel bebas kuantitatif pada tanggapan (model orde II). RSM terhitung mampu menyebutkan interaksi variabel terhadap respon secara visual yakni bersama dengan contour plot dan surface plot. Dalam RSM, replikasi hanya dikerjakan pada titik pusat (center point) supaya run percobaan jadi lebih sedikit. Oleh gara-gara itu, metode yang cocok bersama dengan eksperimen ini adalah Response Surface Methodology (RSM).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *